Senin, 26 Maret 2012

SEKILAS TENTANG ACCOUNTING


Accounting atau akuntansi berbeda dengan pembukuan (bookkeeping). Kerja-kerja pembukuan hanya meliputi aktivitas pencatatan semata sementara accounting mencakupi seluruh proses pelaporan keuangan yakni terdiri dari pengidentifikasian transaksi bisnis, pencatatan, pelaporan keuangan sampai pada menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan. Atau dengan kata lain, pembukuan merupakan salah satu tahap dari accounting.
Accounting dibedakan menjadi financial accounting (akuntansi keuangan) dan Management accounting (akuntansi manajemen).  Pembedaan ini salah satunya didasarkan pada sasaran penyajian informasi keuangan. Financial accounting menyajikan informasi keuangan kepada pemakai eksternal sedangkan management accounting menyajikan informasi keuangan bagi kepentingan pemakai internal.
Penelusuran historis accounting melewati proses yang panjang. Kita mengenal julukan bapak akuntansi Lucas Paciolo, seorang Pastor Ordo Fransiskus yang memperkenalkan cikal bakal accounting yakni pembukuan berpasangan dalam bukunya yang berjudul: “Summa de Arithmetika Geometria, Proportioni et Proportionalita” tahun 1494. Jauh sebelum itu, berbagai penelitian sejarah mengemukakan bahwa perkenalan dengan dunia accounting awal (pencatatan) telah dimulai pada 3.000 tahun sebelum masehi. Perkembangan kebudayaan waktu itu terutama orang-orang Mesir yang pada masa kejayaannya di dunia perdagangan telah mejalankan suatu praktek pencatatan/pembukuan sederhana menurut cara perdagangan umum yang selanjutnya menyebar ke seluruh kota-kota di Timur Tengah. Sementara di Eropa, orang-orang Lombardia memperkenalkan metodenya dalam mencatat rekening melalui metode pencatan berpasangan yang kemudian dikenal dengan pembukuan Italia. Praktek awal inilah yang kemudian dilengkapi oleh Lucas Paciolo 1494.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar